reballing VGA laptop

tehnik ini masih terlalu awan banget bagi saya yang kemarin. tapi setelah di coba upst.... ternya sangat bermafaat dan manjur. saat itu ada seorang pelanggan saya yang menserviskan laptopnya ke saya, ketika itu masalahnya laptop dia tidak bisa di install baik windows xp maupun windows 7, tapi dengan kepercayaan diri saya sanggup menservisnya. hehe... coba dulu deh... mungkin cocok. pertama saya coba install win xp tapi gagal, win 7 juga gagal, padahal bios sudah ane otak atik sampe bosen tuh liatin layar biru. hehe... trik kedua pakai bootable yaitu pakai hirens boot, tapi kenapa untuk mini xp bisa. bahkan sudah saya pakai lama tidak ada eror sedikitpun. akhirya setelah seharian ketemu bahwa memory vga nya eror. akhirnya dengan sedikit tips dari tmenq katanya dengan rebaling. tapi kendalanya disini saya tidak punya blower. jadi setelah browsing ane punya ide dengan solder. yang dibutuhin:
1. Solder yang masih bisa panas
2. pasta baru
3. kopi panas
4. cukup rokok dan cemilan


1. langkah pertama bongkar laptop hingga tinggal mainboardnya saja
2. sedot dulu gan rokoknya, setelah itu mulai colokin itu solder. jangan lupa copot dulu ujung soldernya. 
3. cari dimanakah letak chip VGA nya, 
4. setelah ketemu bersihkan pasta di atasnya pakai alkohol, 
5. tempelkan ujung solder ke tengah2 chip VGA nya, tunggu sampai benar2 panas chip VGA nya ini seperti (overheating)
6. coba test dengan program Dos di hirens yaitu memory video stress 
7. jika masih ada eror lakukan lagi, saya kemarin 2x percobaan berhasil


terima kasih udah nyimak post ane,. semoga bermanfaat

Comments

Post a Comment

Popular Posts