Sejarah komputer

           Dalam dunia yang makin modern , kata komputer bukanlah suatu hal yang asing di telinga, bahkan terlalu sering kita mendengar kata komputer. Namun tidak sedikit orang pun yang mengerti akan arti definisi computer itu sendiri. Padahal pada aplikasinya di kehidupan sehari-hari sangatlah banyak, contohnya mobile phone ( handphone), PDA, notebook / laptop, dan lain-lain.
Namun menurut ilmu yan telah saya dapat, ada beberapa definisi dari komputer. Yaitu sebagai berikut:
- Menurut Hamacher ,“Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan
dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi”.
- Menurut Blissmer,”Komputer adalah alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan intruksi yang diberikan, dan hasil pengolahannya serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
- Fuori berpendapat bahwa,” Komputer adalah pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia.”
Jadi dapat disimpulkan bahwa KOMPUTER adalah seperangkat alat elektronik yang terdiri atas peralatan input , alat yang mengolah input, dan peralatan output yang memberi informasi, serta bekerja secara otomatis.

Penggolongan Komputer
Dalam penulisan kali ini saya akan mecoba membantu menggolongkan atau pun membagi komputer yang dilihat dari 4 sisi yaitu data yang diolah, penggunaan, bentuk&ukuran serta generasi.
Yang pertama adalah dari data yang diolah :
1. Komputer Analog : Digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secaraa kontinu dan parallel. Biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contohnya : komputer yang digunakan untuk mengukur suhu, kecepatan suara, dan voltase listrik.
2. Komputer Digital : Digunakan untuk mengola data kuantitatif (huruf,angka, kombinasi huruf dan angka, serta karakter khusus) biasanya memerlukan bahasa perantara. Contohnya : komputer PC
3. Komputer Hybrid : kombinasi antara komputer digital dan analog, Contohnya : facsimile
Yang kedua dari sisi penggunaan adalah :
- Komputer untuk tujuan khusus (special purpose computer) digunakan secara umum misalnya untuk pengolahan grafis, pengolahan multimedia, pengolahan database, dan pengolahan program lainnya.
- Komputer untuk tujuan umum (general purpose computer) digunakan secara khusus dan mempunyai satu fungsi kerja saja misalnya, sebagai server,PC router, atau terminal dumb.

Yang ketiga dari sisi generasi :
a. Komputer generasi pertama (1946-1959)
b. Komputer generasi kedua (1959-1964)
c. Komputer generasi ketiga (1964-1970)
d. Komputer generasi keempat(1970-sekarang)
e. Komputer generasi kelima (sekarang)
Mohon maaf kalo ada yang salah.. namanya juga belajar.. hihihihi

Yang keempat dilihat dari bentuk & ukuran :
• Supercomputer adalah jenis komputer yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang membutuhkan perhitungan sangat kompleks. Karena bentuk dan harganya yang relative mahal, komputer ini jarang kita temui. Biasanya digunakan di universitas, pemerintah dan peruhasaaan besar.
• Mainframe computer adalah jenis komputer yang digunakan pada lingkungan ketika pengguna memerlukann akses untuk menjalankan program, dan memakai data secara bersama-sama.Biasanya, komputer jenis ini banyak ditemui dan digunakan sebagai server e-commerce yang melayani transaksi melalui internet.
• Minicomputer adalah jenis komputer yang lebih ecil dari computer mainframe, tetapi lebih besar dari jenis microcomputer, Biasanya memiliki beberapa terminal. Komputer jenis ini digunakan sebagai server jaringan atau server internet.
• Workstation computer adalah computer single-user yang sangat powerful. Biasanya dgunakan utuk aplikasi yang membutuhkan perhitungan kompleks dan pekerjaan yang berat misalnya pembuatan animasi komputer.
• Microcomputer atau PC adalah jenis komputer yang digunakan oleh satu orang yang kinerjanya bergantung pada kebutuhan. Contohnya adalah komputer yang kita pakai saat ini.

Comments

Popular Posts